Home TNI/Polri Rapim TNI AU 2020: Bahas Arah Pengembangan Kekuatan & Pembinaan Kemampuan

Rapim TNI AU 2020: Bahas Arah Pengembangan Kekuatan & Pembinaan Kemampuan

19
0
SHARE
Rapim TNI AU 2020: Bahas Arah Pengembangan Kekuatan & Pembinaan Kemampuan

JAKARTA, indonesiatelegraf.com - Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E., M.M., memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU Tahun 2020 yang berlangsung di Gedung Puri Ardhya Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Rapim tersebut mengangkat tema “TNI Angkatan Udara Profesional, Militan, dan Inovatif sebagai Garda Terkuat dan Terunggul Tentara Nasional Indonesia”.

“Tema ini tidak bermaksud membuat kita merasa superior, namun menunjukkan kesadaran pentingnya kekuatan udara sebagai penangkal sekaligus penindak awal penjaga kedaulatan Indonesia,” ujar Kasau saat membuka rapim.

Kasau menjelaskan, rapim tersebut akan menjadi momentum pembahasan arah pengembangan kekuatan dan pembinaan kemampuan ke depan.

Pembahasan tersebut, lanjut Kasau, untuk mendapatkan jaminan berjalannya fungsi TNI AU.

“Untuk menjamin tercapainya fungsi TNI AU dalam menangkal segala ancaman dan menindak musuh yang datang,” katanya.

Selain itu, Kasau menegaskan, sepekan terakhir menjadi hari krusial dalam menentukan masa depan pertahanan Indonesia.

Hal itu dimulai dengan pelaksanaan Rapim Kementerian Pertahanan (Kemhan), kemudian disusul Rapim TNI-Polri, dan terakhir Rapim TNI.

Kasau mengatakan rapim tersebut sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas setahun ke depan.

“Kita telah mengikuti rapat strategis mulai dari Rapim di tingkat Kemenhan, Rapim TNI-Polri, dan Rapim TNI yang baru saja kita telah laksanakan hari rabu kemarin,” kata Yuyu.

Adapun Rapim TNI AU Tahun 2020 juga dihadiri sejumlah narasumber, di antaranya Deputi Bidang Politik dan Pertahanan Bappenas Slamet Sudarsono, Direktur Pelaksana Anggaran Kementerian Keuangan Sudarso, dan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akutanbilitas dan Pengawasan di Kemenpan RB Ronald Andrea Anas.

Sedangkan jumlah peserta rapim total terdapat 236 peserta.

Sumber: Dispenau